Cara Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa adalah sebuah tunjangan untuk biaya pendidikan yang dalam hal ini bisa didapat melalui dua cara. Cara yang pertama adalah dengan berbekal nilai akademis yang bagus. Dan cara yang kedua adalah dengan membuktikan diri bahwa Anda adalah individu/orang dari golongan kurang/tidak mampu.

Proses untuk mendapatkan beasiswa harus memenuhi standar. Meskipun Anda notabene adalah seorang siswa yang berprestasi, hal ini tidak serta merta akan membuat Anda bisa mendapatkan beasiswa. Anda harus melewati prosedur penerimaan program beasiswa yang ada.

Memiliki nilai akademis yang bagus selama duduk dibangku sekolah tingakt SMA sebenarnya memberikan nilai tambah bagi Anda jika nantinya ingin melanjutkan pendidikan diperguruan tinggi dengan menggunakan biaya beasiswa.

Namun, bagi Anda yang kurang berprestasi sekarang ini Anda juga tetap berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Banyaknya program beasiswa, baik itu dari pemerintah daerah, pemerintah pusat atau instansi-instansi tertentu membuka kesempatan yang lebih banyak bagi Anda untuk mendapatkan beasiswas dengan catatan Anda memang dianggap layak untuk mendapatkannya, dan dalam hal ini salah satunya adalah karena faktor kondisi ekonomi Anda yang kurang mendukung.

Cara agar bisa mendapatkan beasiswa

Sebagaimana yang saya singgung diatas, bahwa setidaknya ada dua cara untuk bisa mendapatkan beasiswa, yaitu dengan bermodalkan nilai akademis, dan karena faktor ekonomi yang kurang mendukung.

Mendapatkan beasiswa dengan modal nilai akademis

Hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar dengan baik, tekun, dan fokus sewaktu berada dibangku sekolah tingkat lanjutan akhir (SMA, SMK, MA, dll.) Jika nilai akademis Anda bagus, nantinya Anda bisa mengajukan beasiswa ke pemerintah daerah, pemerintah kota, atau instansi-instansi lainnya yang menawarkan program beasiswa untuk jenjang pendidikan S-1.

Mendapatkan beasiswa karena ekonomi kurang mendukung

Anda bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah kota, pemerintah daerah, atau melalui lembaga/yayasan tempat dimana Anda belajar pada level sekolah lanjutan tingkat akhir (SMA, MA, dll). Rajin-rajinlah mencari informasi, selain informasi yang Anda dapatkan dari pihak sekolahan. Anda bisa mendapatkan informasi dari media cetak, media online atau media-media lainnya, dan Anda harus memanfaatkan setiap peluang yang ada.