Contoh Naskah Drama 6 Orang

Pada kesempatan posting artikel pendidikan kali ini saya akan berbagi contoh naskah drama untuk 6 pemeran kepada Anda sekalian. Semoga contoh teks drama 6 orang berikut ini berguna buat Anda dan bisa menyusun skrip naskah drama yang bagus sesuai dengan ide yang sudah Anda punya.

Skenario Drama

1. Tema Drama : Tentang Kejujuran
2. Ritma Cerita Drama:

I)  Exposisi

JoAnian
JohaAnian
LukmaAniam
Watiri
Ania
Ronan

II) Permasalahan

JoAnian secara tidak sengaja menjumpai sebuah dompet yang terjatuh dihalaman sekolah

III) Komplikasi

JohaAnian mencoba merayu JoAnian supaya tidak mengembalikan dompet yang ditemukannya kepada pemiliknya.

IV) Catatan I

JoAnian dan JohaAnian kepergok oleh LukmaAniam sedang berbagi duit yang bukan hak mereka

V) Catatan II

LukmaAniam mencoba menyadarkan JoAnian dan JohaAnian supaya tidak mengambil hak orang lain dan lekas mengembaklikan barang (dompet) yang ditemukannya.

VI) Kesimpulan

JoAnian dan JohaAnian lantas pergi untuk mengembalikan dompet tersebut kepada sepemilik

3. Karakter

a. Protagonis (baik) : JoAnian
b. Antagonis (jahat) : JohaAnian
c. Tritagonis : LukmaAniam
d. Figuran :

Ronan
Watiri
Ania

4.  Latar
a.  Tempat

Dihalaman sekolah

b.  Waktu/kejadian
siang hari

c. Sosial

JohaAnian merasa seperti hendak buang air kecil, lalu dia buang air tidak pada tempatnya, dibawah sebuah pohon dihalaman sekolah.

Naskah Drama

Sejumlah siwa keluar dari ruang kelas untuk pulang.

JoAnian dan JohaAnian lantas pulang kerumah masing-masing dimana meraka adalah tetangga. hafis tidak kuat untuk menahan rasa ingin buang air kecil lantas dia buang air kecil dihalaman sekolah dimana disitu ada sebuah pohon besar.

JohaAnian : Jon aku buang air dulu ok, sudah kebelet banget nih!

JoAnian : Ya udah. Cepetan buruan. Nanti bisa telat nyampe rumah!

JohaAnian : Ok, nggak lama kok.

Kemduian JoAnian melihat sesuatu dibawah pohon besar didekat halaman.

JoAnian : Apa sih itu? Kayaknya bukan barang berharga?!

Tidak lama kemudian JohaAnian menyusul JoAnian!

JohaAnian : Apa itu? Dompet. Dompet siapaemang? Dimana kamu jumpa? Kapan kamu jumpa? Jangan-jangan kamu nggak bener nih?!

JoAnian : Ngaco ah kamu. Nanya yang bener dong. Aku nemu dompet ini, nggak tau siap pemiliknya orang belum ku buka.

JohaAnian : Ya udah cepetan dibuka!

JoAnian : Ya deh!

JoAnian dan JohaAnian : Wow.. Banyak amat duitnya!

JoAnian : Ada kartu identitasnya!

JohaAnian : Bener, sepertinya KTP pemilik nih dompet.

JoAnian : Rumah nih orang deket kok, balikin yuk!

JohaAnian : Ngapain juga mesti dibalikin orang kita nemu. Udah deh, mending kita bagi aja tuh uang.

JoAnian : Nggak mau ah, dosa tau.

JohaAnian : Ya siapa suruh dia jatuhin tuh dompet

JoAnian : Kalo kamu maksa, ya udah yuk kita bagi dua.


Lalu mereka berdua pulang. Selang 2 jam kemudian JohaAnian main kerumah JoAnian guna mengajak JoAnian bermain.

JohaAnian : JoAnian, JoAnian yuk pergi main!

Ania : Eh kami JohaAnian! Silahkan masuk! JoAnian lagi disuruh mamanya ngerjain pr dulu baru boleh main!

JohaAnian : Ok kak, Makasih.

Ania : JohaAnian mau minum apa? Kakak buatkan!

JohaAnian : Nggak perlu kak, nggak usah.

Ania : Nggak boleh gitu dong Han. Ayo mau minum apa?

JohaAnian : Seadanya aja lah kak!

Ania : Tunggu sebentar ya


Lantas munculah mama JoAnian.


Watiri : Eh nak JohaAnian, udah lama?

JohaAnian : baru aja tante. Tante apa kabar?

Watiri : Baik. Mau ngajak JoAnian bermain ya?

JohaAnian : Iya tan. Tante JohaAnian boleh nanya nggak?

Watiri : Tentu. Mau nanya apaan?

JohaAnian : Kok JoAnian ngerjain pr nya sekarang sih tante. Kan nanti malam juga bisa!

Watiri : Kalau nanti malam biasanya JoAnian cepetan boboknya

JohaAnian : Gitu ya tante. Ya udah deh JohaAnian tungguin aja

Watiri : Iya, ditunggu aja, bentar lagi juga udah selesai kok.

Ania : Ini minumnya Han. Lekas diminum.

JohaAnian : Iya kak, makasih.

Ania : Mam, kan sekarang ada jadwal arisan?

Watiri : Ye elah, mama lupa. Ya udah deh lekas berangkat. Jon, mama pergi dulu ya.

JoAnian : Ya mam

Tidak ama kemudian

JohaAnian : JoAnian kok lama amat ya, padahal kalau akau cepet banget ngerjain pr gituan doang

JoAnian : Sorry Han, lama nunggu ya?

JohaAnian : Iya, udah lama nih, dari tadi nungguin kamu.

Mereke berdua lantas duduk didepan rumah dan sedang membagi-bagikan uang hasil penemuan dompet dihalam sekolah tadi siang.

JohaAnian : Cepat, kok lama banget!

JoAnian : Duitnya ada 200 ribu. Kamu 100 ribu, aku 100 ribu.

Tidak lama berselang LukmaAniam datang kerumah JoAnian. (teman dekat kakaknya JoAnian)

LukmaAniam : Hi JoAnian/JohaAnian. Lagi pada ngapain? Biasanya kalian main diluar, tumben pada nongol disini. Han/Jon apa itu? Uang siapa kok banyak?

JohaAnian : Ya uang kita dong kak, masa uang orang kita bawa.

LukmaAniam : Ah, nggak mungkin. Kalian kan masih kanak-kanak, masak punya uang sebanyak itu. Aku tanta kak Ania Ya.

JoAnian : Sebenarnya ini bukan duit kita Mas, kita nemu dijalan.

LukmaAniam : Kok nggak dibalikin?

JoAnian : Aku udah mikir gitu Mas, tapi JohaAnian yang ngotot ngajak ngebagi uang ini.

LukmaAniam : Coba Mas liat alamat pemiliknya

JoAnian : Tadi maksud  JoAnian mau balikin ke pemiliknya mas. Tapi JohaAnian melarang.

LukmaAniam : Nggak boleh gitu dong dik, itu namnya merampas hak orang lain sekalipun kalian nemu, karena yang bersangkutan kan membutuhkannya.

JoAnian : Aku udah bilang ke JohaAnian, tapi dianya masih ngotot

LukmaAniam : Ya udah deh, mendingan kalian balikin sekarang ke pemiliknya.

JohaAnian : maaf mas, aku emang salah.

JoAnian : Ayo kita balikik dompet ini!

Mereka berdua lantas pergi kerumah pemilik dompet tersebut dengan maksud untuk mengembalikannya.

JohaAnian : Selamat sore..

Ronan : Sore.. Siapa?

JohaAnian : Maaf, ini betul rumahnya Ronan?

Ronan : Betul, ada yang bisa dibantu? Kalian siapa ya?

JoAnian : Kami berdua datang kesini dengan tujuan untuk mengembalikan dompet yang tadi siang kami temukan dihalaman sekolah.

Ronan : Nemu dompet? Sebentar ya, saya lihat dulu. Silahkan masuk!

Ronan masuk ke kamar dan mengecek dompet tesebut, sementara JoAnian dan JohaAnian masih berada diruang tamu.

Ronan : Benar, ini memang dompet saya. Terimakasih banyak ya sudah mau mengembalikan dompet saya yang kalian temuakan. Kalian baik sekali

JohaAnian : Itu memang sudah menjadi kewajiban kami untuk mengembalikan sesuatu yang menjadi hak orang lain.

JoAnian : Benar

Ronan : Duuh.. terimakasih banyak ya

JoAnian dan JohaAnian : Sama-sama!

Demikian contoh naskah drama untuk 6 orang pemeran, semoga contoh naskah drama diatas bisa memberikan bimbingan serta bermanfaat buat Anda.

0 comments

Posting Komentar