Selasa, 11 November 2014

Contoh Surat Order/Pesan Barang

Surat order barang atau meterial tertentu bisanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau pertokoan untuk memudahkan proses pengiriman barang secara tepat waktu agar kebutuhan atau stok digudang tetap terjaga ketika terjadi lonjakan pembelian dari para pelanggan.

Adapun dalam membuat surat pesanan barang sebenarnya sangat mudah dan sederhana sekali, dan bagi Anda yang masih belum mengerti, berikut ini adalah contoh surat order barang yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Baca juga: contoh surat penawaran

PT. ALIDA HUDI
Jalan Citralestari No. 14 Jakarta Timur 11010
Telp. : 021 ………….. Fax : …………..
______________________________________________

Jakarta, 12 Juli 2014
No. 123/CML/SPB/2014

Kepada Yth,
Pimpinan PT. MUSREI SUPLLIER
Jalan Cendana Barat No. 11 Jakarta Pusat
Telp. : 021 ……………… Fax : 021 ………………

HAL : Surat Pesanan Barang

Dengan hormat,
Mengingat persediaan barang kami yang semakin menipis, maka kami bermaksud untuk memesan barang sebagai berikut:

Minyak goreng : 100 botol (Btl 1 ltr)
Minyak tanah : 50 botol (btl 41 ltr)
Telur ayam : 2 kardus (200 pcs/kardus)
Sabun mandi Lifeboy : 500 pcs
Shampoo Clear : 400 botol
Kertas kuarto : 4 ring
Susu Bendera : 60 botol

Barang-barang yang kami pesan diatas kami harap dapat segera dikirim selambat-lambatnya akan kami terima 4 hari setelah surat ini diterima.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

Hormat kami,
PT. ALIDA HUDI


Norman. A
Pimpinan

Contoh surat lainnya yang mungkin sedang anda butuhkan; contoh surat penawaran, surat proposal bantuan dana, dan contoh surat resmi.

Rabu, 05 November 2014

Contoh Naskah Pembawa Acara/MC

Naskah MC sebenarnya tidak begitu dibutuhkan karena pada dasarnya untuk menjadi seorang MC Anda mungkin sudah menghafalnya. Namun, bagi Anda yang masih belum pernah memiliki kesempatan untuk menjadi MC Anda mungkin masih kurang paham, dan berikut ini adalah contohnya.

Naskah untuk menjadi pembawa acara / MC

Bergantung pada majlis atau kegiatan apa anda ditunjuk sebagai MC. Apakah anda akan menjadi pembawa acara disebuah acara pernikahan, kegiatan yayasan pendidikan, atau bentuk kegiatan yang lainnya. Berikut contoh susunan agenda yang akan anda bacakan bertindak sebagai seorang pembawa acara. Dalam hal ini kegiatan yang akan dilangsungkan adalah perpisahan sekolah.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan segenap rahmat-Nya kepada kita semua sehingga pada momen yang berbahagia ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama berkaitan dengan acara perpisahan sekolah ……………………………

Sholawat serta salam muda-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W yang telah memberikan kepada kita semua bimbingan menuju jalan yang diridhoi.

Yang saya hormati,

Yth. Kepala sekolah …………………….

Yth. Bapak/Ibu wali kelas ………………..

Yth. Segenap jajaran dewan guru, Bapak-bapak, Ibu-ibu para undangan yang kamu muliakan.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya berdiri dihadapan Bapak/Ibu sekalian selaku pembawa acara, pada kesempatan yang penuh damai ini saya akan membacakan beberapa agenda pada malam hari ini. Adapun susunan acara pada malam hari ini adalah sebagai berikut

- Pembukaan
- Pembacaaan Ayat suci Al-Qur’an
- Sambutan-sambutan
- Prosesi pelepasan
- Pentas seni
- Penutupan

Hadirin sekalian yang saya muliakan, demi menghemat waktu dan memohon do’a agar acara pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar marilah kita buka acara ini dengan bacaan Basmallah bersama.

Selanjutnya anda tinggal membacakan satu per satu acara sesuai dengan susuanan yang ada sampai penutupan.

Artikel contoh surat yang mungkin sedang anda perlukan; contoh surat permohonan beasiswa, contoh surat mutasi dan contoh surat pembatalan.

Contoh Surat Penawaran

Surat penawaran sebenarnya ada banyak jenisnya, seperti surat penawaran kerjasama, penawaran produk, penawaran kontrak, dan masih banyak lagi. Maksud dan tujuan dari surat penawaran adalah untuk memberikan sebuah penawaran tertentu kepada pihak terkait.

Dari kesekian banyak jenis surat penawaran, satu diantaranya yang sering kita jumpai adalah surat penawaran kerjasama. Dan bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh surat jerjasama, berikut ini adalah contohnya.

Contoh surat penawaran Barang dan jasa

Kepada Yth,
Pimpinan PT. TINURA HANDIKA
Jln. Permatasari No. 77/71 Bandung (40288)
Telp : ................ Fax : ................


No. : 111/KJ/SPH/2019
Hal : Penawaran Barang Dan Jasa
Lamp. : 1 (Satu) Berkas


Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami PT. TINURA HANDIKA kepada Bapak / Ibu pimpinan PT. ANDARA JAYA.

Kami merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan barang dan jasa pemasangan/instalasi listrik (elektrik) yang telah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pemasangan listrik di gedung-gedung perkantoran ternama.

Sehubungan dengan itu, sesuai informasi yang kami dapat bahwasannya PT.ANDARA JAYA merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membangun sebuah gedung perkantoran baru, maka kami bermaksud untuk mengajukan surat penawaran untuk jasa pemasangan dan instalasi listrik dimana ini merupakan spesialisasi kami.

Kami berharap penawaran ini dapat berakhir dengan kerjasama yang dapat memberikan keuntungan terhadap kedua belah pihak. Sehubungan dengan surat penawaran yang kami buat, kami siap untuk mengadakan pertemuan dengan pihak PT. ANDARA JAYA guna menindaklanjuti penawaran yang kami buat.

Demikian surat penawaran ini kami buat, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

Bandung, 12 Januari 2019
Hormat kami,
PT. KREASI JAYA

t/tangan+stempel perusahaan

DIKA ANDANA
Marketing Manager

Minggu, 02 November 2014

Contoh Naskah Drama Lucu

Drama berkonsep lucu adalah salah satu jenis drama yang sangat sering dimainkan oleh kalangan pelajar yang sedang mendapatkan tugas untuk memainkan drama disekolahan. Pada artikel ini kita akan berbagi contoh naskah drama lucu yang diharapkan bisa berguna buat Anda sekalian.

Berikut ini contoh naskah drama lucu yang bisa Anda jadikan sebagai materi pembelajaran dalam menyusun contoh naskah drama.

Pada suatu masa terdapat tiga orang bersahabat yang tinggal disebuah desa terpencil. Mereka. Bernama Niha, Sisma dan Aldiansyah.

Ketiga pemuda ini senantiasa bersama-sama baik dikala suka maupun duka. Mereka berbeda dengan teman-temannya yang mewarnai hari-harinya dengan hiburan, party, dan lain sebagainya layaknya kehidupan seorang remaja.

Pada suatu hari mereka berkumpul disebuah taman..

Niha :
Wah.. Langitnya redup banget ya?! Jadi serem deh kalau kaya gini.

Sisma :
Iya, kaya mau runtuh aja nih langit.

Aldiansyah :
Emang langit bisa runtuh ya? Oya, aku mau nanya sama kalian 'tiyang langit tu dimana sih?'

Niha :
Nggak tau juga gue. Mau nanya sama nyokap kayaknya dia juga nggak tahu.

Sisma :
Nanya nyokap soal gituan, nanya soal kuliner pasti dia punya banyak jawaban.

Aldiansyah :
Belum tentu, orang nyokap gue juga nggak ngerti soal kuliner. Tapi nggak papa, yang penting dia sayang abis sama gue.

Sisma :
Pantesan kamu ogah nyari pacar, orang udah kenyang sama kasih sayang ibu kamu.

Aldiansyah :
Masalah buat loe?

Sisma :
Ea enggak lah bro!

Niha :
Eh udah2..

Sisma :
Ha, kamu kenapa sih masih demen ngejomblo aja?

Niha :
Gue nggak demen kok

Sisma :
Terus kenapa nggak nyari pacar?

Niha :
Nyarinya dimana ya?

Aldiansyah :
Kalau pagi ibu kamu kan ke pasar tu, nah ikut aja dia nanti kamu akan nemu deh.

Sisma :
Heeemmm..

Niha :
Oh gitu ya.. Ya udah deh, besok gue ikut ibu gue kepasar barangkali aja bisa nemu yang kaya nyi roro kidul.

Sisma :
Terus abis itu kamu demam nggak bisa sembuh.

Aldiansyah :
Andai saja langit runtuh, kita sembunyi dimana ya?

Niha :
Nggak tahu..

Sisma :
Nyebur laut

Aldiansyah :
Eh, jangan! Kamu ntar perut kamu jadi buncit kebanyakan nelan air.

Niha :
Benar itu, kamu kan cewek, harus tetap kurus kering seperti bambu yang tidak kehujanan.

Demikian contoh naskah drama lucu, pada postingan sebelumnya Anda juga dapat menyimak contoh naskah drama 5 orang, dan contoh naskah drama 6 orang.

Rabu, 29 Oktober 2014

Contoh Surat Peringatan

Dalam dunia kerja, seorang karyawan yang melanggar peraturan bekerja selama berulang-ulang dapat diberikan sanksi tertentu, dan sebelum sanksi tersebut dikeluarkan biasanya perusahaan akan memberikan surat peringatan atau surat teguran terlebih dulu kepada karyawan bersangkutan.

Surat peringatan diterbitkan guna memberikan peringatan secara tertulis kepada setiap karyawan yang telah melanggar etika bekerja yang dapat merugikan perusahaan. Surat peringatan sendiri biasanya terbagi menjadi beberapa bagian, surat teguran pertama, surat teguran kedua dan surat teguran terakhir atau berupa pemecatan.

Contoh surat peringatan

[Kop Surat]
...........................................................................................

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)
Nomor: XI/SPI-PT.MK/V/20015


Dibuat oleh perusahaan, dalam hal ini ditujukan kepada:

Nama : ALI MUHIDIN
Jabatan : Operator produksi

Sehubungan dengan sikap indisipliner dan pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yang saudara lakukan, maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan sebagai berikut:


  • Surat peringatan pertama berlaku untuk 1 (satu) bulan kedepan sejak diterbitkan.
  • Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan sejak tanggal penerbitan surat peringatan pertama saudara tidak melakukan tindak pelanggaran yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama saudara dinyatakan sudah tidak berlaku.
  • Jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan sejak surat peringatan pertama diterbitkan saudara didapati kembali melakukan tindakan pelanggaran, maka perusahaan akan memberikan surat peringatan ke-2 untuk saudara.
  • Selama masa surat peringatan masih berlaku, atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelah penerbitan saudara tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas perusahaan, berupa:



             Kendaraan iventoris
             Komputer


Demikian surat peringatan pertama ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati sebaik mungkin oleh yang bersangkutan.

Jakarta, 14 April 2015
PT. MANDALA KURNIA
                                                           Mengetahui,



Doni Pratama                                Hadi Subagya
Staff Administrasi                           Manager