Senin, 10 Maret 2014

Contoh Dialog Drama

Untuk Anda yang mungkin sedang membutuhkan contoh dialog drama, pada kesempatan ini saya ingin berbagi teks dialog drama yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran berkaitan dengan tata cara penulisan sebuah skrip drama.

Tema apapun yang akan Anda pilih, tetap saja penyusunan naskah drama menjadi penting, karena sukses-tidaknya dialog drama dalam hal sangat bergantung pada kualitas naskah dialog drama tersebut. Semakin lengkap dan deskriptif, maka akan semakin membantu bagi para pemeran.

Adapun jenis-jenis drama sendiri terbagi menjadi sekian banyak. Secara umum, dari sisi waktu drama dibedakan menjadi dua jenis, yaitu drama pendek / drama singkat, dan drama yang berdurasi panjang. Baik drama berdurasi panjang maupun drama berdurasi pendek keduanya membutuhkan teks dialog drama yang lengkap.

Nah, berikut ini adalah beberapa teks dialog drama yang sebagian darinya merupakan teks dialog drama singkat yang dapat Anda jadikan sebagai bahan perbandingan atau untuk pembelajaran berkaitan dengan penulisan naskah drama.

Kumpulan Contoh Dialog Drama Terbaru



Itulah beberapa link contoh teks dialog drama yang diharapkan bermanfaat bagi Anda yang sedang memiliki tugas untuk menyusun sebuah naskah drama. Contoh dialog drama 5 orang sendiri merupakan salah satu dialog drama yang cukup populer, karena drama dengan jumlah pemeran 5 orang sepertinya memang seringkali dimainkan.

Rabu, 19 Februari 2014

Contoh Drama Anak Sekolah

Bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh naskah drama anak sekolah, berikut ini adalah contohnya. Semoga contoh teks drama anak sekolah dibawah ini bermanfaat bagi Anda untuk Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam  menyusun naskah drama sekolah milik Anda.

CONTOH NASKAH DRAMA SEKOLAH

JUDUL: TIDUR  DI SEKOLAHAN

(Menjelang siang hari, tidak lama sebelum lonceng pemberitahuan waktu pulang sekolah dibunyikan, Bu Ratnasari, guru Bahasa Inggris kelas 3-A, memberikan tugas kepada siswanya.)

Bu Ratnasari       :”Anak-anak, pelajaran kita tentang Artikel telah dibahas.                              saatnya, ibu akan memberikan tugas untuk kalian.”

Karlina         :”Yaaa… Jangan dong bu ! Besok kan sudah liburan…”

Bu Ratnasari       :”Justru karena itu, Kar. Nah, tugas kalian adalah kalian                            harus membuat sebuah kelompok, maksimal                                            beranggotakan 5 orang, dan kelompok tersebut akan                             membuat sebuah artikel tentang suatu masalah.”

(Lalu Diniati mengangkat tangannya untuk bertanya tentang tugas yang akan diberikan ibu gurunya tersebut.)

Bu Ratnasari       :”Iya, ada apa Diniati?”

Diniati      :”Bu, yang ibu maksud dengan masalah itu, lebih jelasnya gimana sih, bu?”

Bu Ratnasari       :”Oh... Begini, kalian harus membuat artikel, dan terserah

kalian tentang masalah apa. Yang terpenting harus tentang suatu masalah.   Misalkan, masalah yang terjadi di daerah kalian. Begitu, Diniati.”

(Tiba-tiba Pryatna datang dari luar dan langsung membuka pintu. Dia tampak habis berlari karena nafasnya ngoh-ngohan.)

Pryatna         :”Huuuh.. Huuuuh.. Huuuh.. Huuuh..Huuuh..”

Bu Ratnasari       :”Eh, Kamu kenapa, Pry?”

Pryatna         :”Taaaa.. Tadi ada kuuukk.. kucing, bu. Hiiihh!”

Siswa       :”Huuu…!!”

Siswa

Tenggggg…. (Lonceng sekolah pun berbunyi, waktunya bagi semua siswa untuk pulang)

Bu Ratnasari       :”Anak-anak, jangan lupa yaaa, tugas artikelnya harus kalian kerjakan !”

Siswa       :”Iya, baik Bu.”

Siswa

(Bu Ratnasari lantas keluar dari kelas 3-A dan para siswa-siswi yang lain pun berhamburan keluar. Namun Pryatna, Diniati, Karlina, Visanella, dan Bendra masih berada di dalam kelas.)

Diniati      :”Pry, satu kelompok yuuk !”

Pryatna         :”Kelompok apa emang?”

Diniati      :”Kelompok Bahasa Inggris. Kita kan disuruh buat artikel,      Pry. Anggota kelompoknya maksimal harus terdiri 5 orang.”

Pryatna         :”Oh, ayuuk ! (Tiba-tiba Karlina dan Visanella lewat di depan         Pryatna dan Diniati.) Haii.. Tin, Vis, satu kelompok yuuk !”

Karlina         :”Oke!”

Visanella          :”Iya, iya. Eh, masak semuanya cewe sih? Laki-lakinya emang nggak ada apa??”

Karlina         :”Si Bendra ajalah.” (Sambil berbisik kepada Diniati, Pryatna,   dan Visanella.)

Pryatna         :”Oh iya ya!! (Segera mendatangi Bendra.) Ben, satu kelompok   yok !”

Bendra          :”Hah?? Satu kelompok?? Oh.. Ya udahlah.”

Pryatna         :”Oke, deh. Berarti, besok, jam 9 pagi, kita ngumpul di        rumah aku, ya. Di Jalan Saudara No. 8, ya. Oke?? Oke??         Kalau gitu, aku pulang duluan ya. Daahh…”

Diniati,     :”Daahhh.., Pryatna.

(Pryatna pun pulang. Diniati, Karlina, dan Visanella sedang membicarakan dan mencari ide untuk tugas mereka besok. Namun, Bendra termenung di mejanya. Tiba-tiba, beberapa menit kemudian, Bendra pun malah tertidur.)

(Pada keesokan harinya, saat di rumah Pryatna…)

Pryatna         :”Eh, masalah kita apa, nih??”

Bendra          :”Haaahh ! Gue tahu. Kelebayan yang merajalela !”

(Diniati, Karlina, dan Visanella tertawa mendengarnya.)

Pryatna         :”Ah, elu ngejek gue ajalah, Ben !”

Bendra          :”Hehehehe. Eh, gue ke toilet dulu, ya.” (Bendra pergi      menuju ke toilet.)

Pryatna         :(Berjalan menuju ke sebuah jendela rumahnya.)

“Eh, tahu gak, rumah yang itu, bilang orang-orang disini serem, loh !”(Menunjuk ke sebuah rumah yang      kelihatan sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya.)

Karlina         :”Yang mana sih??” (Menghampiri Pryatna)

Pryatna         :”Yang itu loh, Tin.” (Sambil menunjukkan rumah serem    tersebut kepada Karlina.)

Karlina         :”Wee ! Ke sana, yok.”

Visanella          :”Aahh. Elu anehlah, mau elu mati?? Iiihh, gue ga     ikutlah.”

Diniati      :”Gue sama dengan Visanella ajalah !”

Pryatna         :”Eh, gue jugalah. Iiisshh… Serreeemm…!!”

Bendra          :”Apanya yang seram??” (Tiba-tiba menghampiri Pryatna.)

Pryatna         :”Ada deh…”

(Hari pun sudah beranjak siang. Diniati, Bendra, Karlina, dan Visanella lalu pulang ke rumah masing-masing. Pada esok harinya, mereka datang lagi ke rumah Pryatna.)

Karlina         :”Wee… Ayuuklah kita ke rumah itu! Jadi penasaran gue,      lah.”

Diniati      :”Maksudmu??”

Karlina         :”Ya… Ke rumah serem itu.”

Bendra          :”Ah, elu, sei lalap lah !”

Visanella          :”Emangnya elu udah tahu, Ben?? Tahu dari mana sih??”

Bendra          :”Dari dia.” (Dengan menunjuk Karlina.)

Visanella          :”Oohh. Eh, bagi-bagi dong makananmu, Ben.”

Bendra          :”Ahh. Elu kerjanya makan ajalah. Nih.” (Memberikan       sebuah makanan ringan kepada Visanella.)

Visanella          :”Sudah mo abis, nih. Sama gue aja ya, Ben.”

Diniati      :”Ya Tuhan, Visanella.”

Visanella          :”Hihihihi.”

Karlina         :”Wee… Kekmana jadinya?? Mau ikut gak, denganku??”

Diniati      :”Eh, tugas kita ini belum siap lo!”

Karlina         :”Kan tinggal diketik sama diprint ajanya… Ya udahlah ya, gue pergi dulu.”

Bendra          :”Ikut. Ikut. Elu kan cuma sendiri, cewek lagi. Diapa-apain          pula elu nanti sama hantunya. Kasihan mama papamulah.”

Pryatna         :”Eh.. Gue jadi ikut lah.”

Visanella &      :”Kami jugalah, Tin.”

Diniati

Karlina         :”Nah… Gitu lah.”

(Mereka pun pergi menuju rumah serem itu. Sesampainya di sana, mereka langsung masuk, akan tetapi Bendra tiba-tiba menghilang.)

Visanella          :”Eh, si Bendra mana??”

Diniati      :”Tadi dia ada di belakang. Udahlah, nanti pasti datang itu. Mungkin dia lagi jajan, kali !”

Visanella          :”Jajan? Isshh, kalau tadi aja gue tahu, ikut kian gue dengannya.”

Diniati      :”Astaga, Visanella. Makanan ajalah dipikiranmu itu.”

(Mereka pun masuk ke dalam rumah itu.)

Bendra          :”Haaaaaaahhh !!!!!” (Memakai jubah hitam.)

Pryatna,        :”Aaaaaaaaaa !!!!!” (Teriak sambil berlari keluar dari

Visanella, &     rumah itu.)

Diniati

Bendra &       :”Hahahahaha.” (Menunjuk Pryatna, Diniati, dan

Karlina         Visanella.)

Visanella          :”Eh !! Tunggu, makanan gue tinggal !!” (Pergi     meninggalkan Pryatna dan Diniati.)

Bendra          :”Ini makananmuuu…” (Masih memakai jubah hitam.)

Visanella          :”Aaaaaaaa !!!” (Teriak sambil mengambil makanan dari   tangan Bendra dan keluar dari rumah itu.)

Diniati      :”Eehh, Karlina mana??”

Pryatna         :”Masih di dalam.”

Diniati      :”Aaahh. Pasti dia ikut ngerjain kita dengan si Bendra. Ayo      kita masuk lagi !”

(Diniati, Pryatna, dan Visanella yang sedang memakan makanannya masuk ke dalam rumah serem itu lagi.)

Diniati      :”Aahh. Kalian ini, pun.”

Pryatna         :”Eh, kalian ga tguet ke rumah ini?”

Bendra          :”Ngapain tguet?? Dulu ini rumah kakek gue dengan          Karlina, kok.”

Pryatna         :”Pantesan si Karlina ga tguet ke rumah ini.”

Diniati      :”Trus, kok ada sih, gosip kalau rumah kakek kalian ini        berserem??”

Bendra          :”Begini... Kakek kita dulu orang Jepang. Karena   teringat dengan masa penjajahan, seorang tetangga kakek kita      membunuhnya. Lalu, orang yang membunuh kakek kita    menyebarkan gosip bahwa mayat kakek kita tidak                    dikubur. Padahal, setelah kejadian itu berlangsung,   ayah gue datang dan keesokan harinya gue, Karlina, Ayah kita, Tante kita, Paman kita, menguburkan mayatnya. Dan kita semua pun tidak meninggalkan rasa dendam                    bagi sang pembunuh kakek kita.

Pryatna         :”Yang sabar, ya, Karlina, Bendra.”

Bendra &       :”Iya. Thanks ya.”

Karlina

Diniati      :”Ben.. Ben.. Wake up Ben..”

(Bendra terbangun dari tidurnya.)

Bendra          :”Karlinaaa !! Kakek meninggal !!”

Karlina         :”Apanya elu?? Memang udah meninggal kok !!”

Bendra          :”Hah?? Oh iya, ya. Hehehehe.”

Diniati,     :”Eeeeehh… Bendra.. Bendra..”

Karlina, &

Visanella

(Ternyata Bendra tertidur setelah Pryatna pulang dari sekolah. Dia bermimpi tentang sebuah rumah serem dan sejarah kakeknya serta Karlina.)

Contoh naskah lainnya :
Contoh naskah drama tema persahabatan
Contoh naskah drama 4 orang
Contoh naskah drama komedi

Nah, demikian itu contoh naskah drama tentang anak sekolah yang tertidur, semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian.

Senin, 06 Januari 2014

Contoh Surat Lamaran

Bagi calon karyawan, baik karyawan diperusahaan swasta maupun negeri, yang bersangkutan diwajibkan untuk membuat surat lamaran kerja sebelum bisa diterima diperusahaan bersangkutan sebagai bagian dari persyaratan rekrutmen itu sendiri.

Sebelum ini saya sudah berbagai sejumlah contoh surat lamaran lainnya, diantaranya adalah contoh surat lamaran kerja lengkap, contoh surat lamaran kerja di bank, contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, dll. Dan kali ini saya ingin berbagi contoh surat lamaran lainnya yang diharpkan dapat memberikan referensi bagi Anda yang sedang membutuhkan.

Berikut ini contoh surat lamaran terbaru yang bisa Anda pelajari berkaitan dengan tata cara penulisan surat lamaran yang bagus dan lengkap  untuk mendapatkan respon positif dari pihak terkait.

Surabaya, 12 April 2014

Kepada Yth,
PT. UNDAR JATI
Jl. Manunggal 02 Surabaya
up. Bpk. Stya Budi

Hal    : Lamaran Kerja
Lamp : -

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                 : Nita Pertiwi
Jenis kelamin      : Perempuan
Tempat/tgl. lahir  : Malang, 21 Maret 1989
Pendidikan          : SMA
No. telp              : -

Sehubungan dengan informasi yang saya dapar dari berita harian Jawa Pos, bahwasannya PT. UNDAR JATI sedang membutuhkan karyawan baru untuk ditempatkan dibagian administrasi, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengisi lowongan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan dan perlengkapan persyaratan permohonan, berikut saya lampirkan beberapa foto kopi dokumen pribadi, berupa :

Foto kopi KTP               -                sebutkan berapa lembar
Foto kopi Ijazah terahir
Foto kopi SKCK
Foto kopi SKK
Foto kopi Biodata diri
Pas foto 4X6

Demikian surat lamaran ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenarnya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

tanda tangan Anda

Nita Pertiwi
Pemohon

Demikian contoh surat lamaran yang bisa saya share dengan Anda pada kesempatan kali ini, semoga contoh surat lamaran ini bermanfaar bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkan referensi.

Contoh Makalah Ekonomi

Membuat makalah adalah sebuah keharusan bagi para siswa berkaitan dengan program pelajarna yang diikutinya. Guru memberikan tugas bagi siswanya untuk menyusun sebuah makalah. Jenis-jenis makalah sendiri ada banyak sekali sebagaimana yang saya bahas pada artikel download contoh makalah penddikan dan contoh daftar isi makalah.

Dari kesekian banyak jenis-jenis makalah, satu diantaranya adalah makalah pendidikan ekonomi. Ya, pendidikan ekonomi termasuk salah satu yang paling diminati. Dan bagi Anda yang membutuhkan contoh makalah ekonomi sebagai bahan referensi untuk penyusunan makalah yang bagus dan lengkap contoh yang akan kami berikan ini diharapkan bisa memberikan materi bimbingan kepada Anda yang masih kesulitan untuk menyusun sebuah makalah.

Sebuah makalah harus disusun dengan mengikuti standar yang ada, karena jika tidak ia tidak akan membantu Anda untuk mendapatkan nilai akademis yang memuaskan. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih kebingungan contoh ini diharapkan bisa memberikan Anda sebuah pemahaman yang lebih baik lagi berkaitan dengan tata cara penulisan makalah ekonomi.

Contoh makalah ekonomi berikut ini merukan contoh makalah yang lengkap sesuai dengan materi pembahasan yang sangat luas. Anda bisa mempelajarinya agar Anda bisa menyiapkan makalah Anda dengan sebaik mungkin.

Silakan download contoh makalah ekonomi berikut ini, dan silakan pelajari tata cara dan ide penulisannya agar Anda bisa membuat makalah yang bagus.

Download Contoh Makalah Ekonomi

Disclaimer:
Contoh makalah yang kami sajikan hanya untuk tujuan edukasional dengan harapan bisa memberikan bimbingan kepada yang bersangkutan untuk menyusun sebuah makalah yang baik sebagaimana standar penilisan makalah.

Download Contoh Makalah (Gratis)

Membuat makalah secara baik dan benar tentunya menjadi tanggung jawab semua siswa. Makalah merupakan salah satu bentuk tugas akademis yang menuntut para siswa untuk menyiapkannya dengan serapi mungkin agar bisa mendapatkan nilai yang bagus dalam proses belajar-mengajar yang dijalaninya.

Membuat makalah sebenarnya cukup mudah dengan catatan yang bersangkutan sudah menguasai bidang atau kurikulum yang akan dibuat makalahnya. Namun, bagi sebagian siswa mungkin mereka masih agak kebingungan. Dan pada artikel ini saya ingin berbagi contoh makalah kepada Anda guna bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran atau referensi.

Sebelumnya saya sudah sempat menuliskan artikel contoh daftar isi makalah, dimana penulisan daftar isi makalah juga sangat penting karena ia akan dijadikan sebagai salah satu dasar penilaian oleh pihak Guru. Setiap makalah harus dilengkapi dengan daftar isi yang baik dan mewakili isi makalah itu sendiri secara keseluruhan.

Jenis-jenis makalah sendri ada banyak sekali, mulai makalah pendidikan, makalah ekonomi, makalah ilmiah, makalah agama, makalah kesehatan, makalah dalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya semua makalah yang terkait dengan pogram pendidikan adalah makalah pendidikan.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi contoh makalah pendidikan yang bagus kepada sahabat pembaca untuk dijadikan sebagai meteri pembelejaran agar Anda dapat menyusun makalah Anda dengan sebaik mungkin sesuai dengans tandar penulisan makalah itu sendiri.

Contoh makalah yang ingin saya share dengan Anda adalah sebuah makalah pendidikan, tepatnya makalah pendidikan untuk model pembelajaran. Seperti yang kita tahu, sistem pendidikan terkait dengan model atau mekanisme pembelajaran itu sendiri, dan melalui link dibawah ini Anda bisa men-download contoh makalah gratis yang bisa Anda pelajari.

Download Contoh Makalah Pendidikan Gratis

Semoga contoh makalah ini dapat mempermudah Anda untuk menyusun tugas makalah Anda secara baik dan sempurna sebagaimana mestinya.

Disclaimer:
Contoh makalah yang kami sajikan hanya untuk tujuan edukasional dengan harapan ia dapat memberikan sebuah petunjuk atau bimbingan kepada yang bersangkutan berkaitan dengan tata cara penulisan makalah yang baik dan benar.