Minggu, 16 Agustus 2015

Contoh Naskah Drama 4 Orang Pemain

Contoh teks drama 4 pemeran akan saya bahasa pada kesempatan kal ini. Pada postingan lalu saya sudah memposting beberapa contoh naskah drama lainnya, yaitu contoh naskah drama 5 orang, contoh naskah drama pendek, dan contoh naskah drama pendidikan.

Kali ini yang akan saya share dengan Anda adalah contoh teks sknario drama untuk 4 orang pemain. Drama 4 orang bisa berdurasi panjang, dan bisa juga berdurasi pendek. Dan berikut ini contoh naskah dialog drama untuk 4 orang pemain.

Contoh Naskah Drama 4 Orang Singkat

Naskah Drama 4 Orang
Tema : Persahabatan / Friendship
Karakter : Cerie, Coki, Cinderella, Canera

Friendship

Sebuah kisah yang terjadi disebuah sekolahan yang sangat terkenal bernama Growpee High School. Disana tedapat sebuah persahabatan yang bernama The Friend, beranggotakan tiga pelajar populer yang bernama Coki, Cerie, dan Canera.

Pdaa suatu ketika seorang anak bernama Cinderella yang dari dulu ingin gabung ke dalam anggota The Friend akhirnya memberanikan diri untuk bertanya agar bisa masuk anggota The Friend.

Cinderella   : “Hey The Sobat !”
Tapi mereka asyik sendiri sampai tidak menghiraukan Cinderella.
Cinderella   : “Hey!! Pada ngebincangin apa’an sih?”
Coki  : “Eh, siapa sih ni anak? Kepo banget deh!”
Canera  : “Ya nih, sok kenal banget!”
Cerie : “Udah deh, dia kan cuma nanya.”
Cinderella   : “Jika ga mau jawab juga gapapa kok. Saya cuma ingin nanya boleh ga sih saya gabung ke The Friend?”
The Friend : “WHAATTTT??!!!!!”
Coki  : “Gue ga salah denger nih?”
Canera  : “Ngaca dong! Lo ga punya cermin ya di rumah? Ih kasian banget deh!”
Cerie : “Maaf ya, kita ga ngadain open audition.”
Akhirnya Cinderella pergi meninggalkan The Friend dengan hati yang amat sangat terluka. Dia pergi menyendiri dengan keinginan balas dendam.
Cinderella   : “Liat aja nanti. Gue pasti bakal ngehancurin The Friend!”
Keesokan harinya, Cinderella datang pagi sekali, di dalam kelas dia hanya bertemu Cerie. Dan kemudian dia mulai menjalankan rencana jahatnya.
Cinderella   : “Hey Cerie. Maaf ya kemarin saya ga bermasud bikin kalian marah.”
Cerie : “Ya gapapa kok. Kemarin kita juga yang kelewatan.”
Cinderella   : “Cerie, kamu kemarin pulang sendiri?”
Cerie : “Ya, emang kenapa?”
Cinderella   : “Kemarin saya lihat cowokmu pulang bareng Canera.”
Cerie : “APA???!! Lo ga salah lihat Cinderella?”
Cinderella   : “Saya pertamanya sih juga ga percaya. Tapi saya lihat-lihat emang bener.”
Cerie langsung meninggalkan kelas dengan kesal.
Cinderella   : “Game on!”
Cinderella tersenyum licik dan mengikuti Cerie dari belakang. Lalu Cerie bertemu dengan Canera.
Canera  : “Hei  Cerie!”
Cerie : “Maksud lo tu apa? Lo mau nusuk gue dari belakang? Dasar pengkhianat!!”

Canera  : “Lo ngebincangin apa’an sih? Tiba-tiba marah-marah ga jelas.”
Cerie : “Ternyata lo deketin gue biar bisa ngerebut cowok gue gitu?”
Canera  : “Ha? Gua ga ada niat sedikit pun untuk ngerebut cowok lo. Kaya ga ada cowok yang lain aja.”
Cerie : “Alah, ga usah alasan deh! Gue bener-bener ga nyangka!”
Kemudian Cerie pergi meninggalkan Canera dengan tatapan sinis. Di belakang, Cinderella melihat kejadian itu dan tersenyum licik.
Cinderella   : “Yess!! Rencana gue berhasil!”
Sepulang sekolah, Canera pergi ke rumah Coki.
Coki  : “Hey Canera, sendirian aja? Tumben banget Cerie ga ikut?”
Canera  : “Dia lagi ngambek tuh.”
Coki  : “Ngambek kenapa?”
Canera  : “Tau deh, tiba-tiba dia marah-marah sambil fitnah gue ngerebut cowoknya.”
Coki  : “Kok bisa? Emang dia tau dari siapa?”
Canera  : “Tau ah, males ngebincangin dia.”
Keesokan harinya, Coki dan Canera bertemu Cerie di kelas.
Canera  : “ Hei Cerie, kenapa sih kemarin lo marah-marah ga jelas?”
Tetapi Cerie, tidak menghiraukan Canera dan langsung keluar dari kelas. Coki menyusul Cerie dan menghentikan dia.
Coki : “Cerie, tunggu! Lo kenapa sih? Kok tiba-tiba ngambek gitu?”
Cerie : “Lo tau ga sih? Si Canera tu ternyata bermuka dua! Ati-ati aja deh sama dia, dia ngedeketin kita, Cuma buat manfa’atin kita doing.”
Coki  : “Emang Canera kenapa? Perasaan kemarin lusa biasa aja, kenapa tiba-tiba dari kemarin lo jadi kaya gini?”
Cerie : “Masa sih, kemarin dia pulang bareng cowok gue coba. Ga punya perasaan banget deh tu anak.”
Coki  : “Ha? Lo kata siapa?”
Cerie : “Cinderella yang kasih tau gue, katanya kemarin dia lihat langsung.”
Coki  : “Terus lo percaya gitu aja? Asal lo tau aja ya, kemarin tu gue ga dijemput, jadinya pulang bareng Canera.”
Cerie : “Apa? Tapi Cinderella bilang…”
Coki  : “Jadi, lo lebih percaya Cinderella yang tiba-tiba muncul dan ingin masuk geng kita daripada sama sahabat lo sendiri yang udah dekat dari dulu?”
Cerie : “Jadi, Cinderella udah bo’ongin gue gitu?”
Coki  : “Nah, tu tau.”
Cerie : “Sialan, udah dibaik-baikin malah ngelunjak tu anak.”
Kemudian, Cerie dan Coki pergi ke kelas menemui Cinderella.
Cerie : “Cinderella!! Maksud lo tu apa fitnah Canera kaya gitu?”
Cinderella   : “Fitnah apa’an sih? Kamu ngebincangin apa?”
Cerie : “Alah, ga usah ngeles deh!”
Canera  : “Ada apa’an sih? Kok ribut?” (Sambil menghampiri Cerie, Coki dan Cinderella).
Coki  : “Canera, lo tau ga? Sebenernya, yang ngefitnah lo tu ternyata si Cinderella.”
Canera  : “Apa? Gue punya salah apa sih sama elo Cinderella? Lo sakit hati gara-gara gue marahin waktu itu?”
Cinderella hanya terdiam, mukanya terlihat jengkel tetapi tidak mau mengatakannya.
Coki  : “Lo beneran marah Cinderella? Maaf banget deh, kita ga bermaksud nyakitin hati lo.”
Cerie : “Jika lo marah bilang dong. Ga usah pake acara ngefitnah orang segala.”
Canera  : “Cerie udah, dia kaya gitu kan karena kita juga yang salah.”
Cinderella   : “Maaf ya, saya cuma iri liat kalian yang selalu bareng, sedangkan saya ga punya temen.”
Coki  : “Cinderella, harusnya lo bilang dong yang sebenernya, mungkin kita bisa ngerti.”
Cinderella   : “Kalian ga salah kok. Saya nya aja yang kelewatan. Ga seharusnya saya bikin kalian berantem.”
Cerie : “Makanya, jika mau berbuat sesuatu tu dipikir dulu! Sekarang lo minta ma’af sama Canera!”
Cinderella   : “Canera, ma’afin saya ya? Saya…”
Canera : “Ya Cinderella, saya ma’afin. Asal jangan diulangi aja.”
Cinderella   : “Coki, Cerie, ma’afin saya juga ya? Saya emang salah.”
Cerie : “Bagus deh jika lo nyadar.”
Coki  : “Cerie, udah dong. Dia kan udah minta ma’af. Malahan harusnya kita minta ma’af juga ke dia.”
Cerie : “Ih, ngapain? Orang dia yang salah kok.”
Canera  : “Gimana pun juga, kita juga udah kelewatan memperlsayakan dia kayak gitu.”
Cerie : “Ya deh, ma’afin kita ya Cinderella?”
Cinderella   : “Ya, ma’afin saya juga ya?”
Coki  : “Lo masih mau kan gabung sama The Friend?”
Cinderella   : “Gausah deh, entar jika ada saya, kalian malah berantem terus.”
Canera  : “Gak lah, asalkan kamu mau jujur sama kita, kita juga bakal jujur sama kamu.”
Cerie : “So?”
Cinderella   : “Ya deh, saya mau. Thanks ya guys. Kalian baik banget sama saya.”
Coki  : “Ya! The Friend Forever!!”

Demikian contoh naskah drama 4 orang yang diharapkan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari contoh naskah drama 4 orang.

Senin, 06 April 2015

Contoh Surat Penawaran Harga

Surat penawaran harga sangat dibutuhkan oleh instansi atau peruahaan berkaitan dengan akan dibuatnya sebuah penawaran produk atau jasa tertentu. Surat penawaran harga akan digunakan sebagai langkah awal untuk proses persetujuan antara kedua belah pihak.

Surat penawaran harga sebenarnya sangat sederhana, dan proses pembuatannya juga relatif mudah serta cepat. Namun, dalam membuat surat penawaran harga hendaknya Anda tidak asal tulis untuk sejumlah poin penting didalamnya, seperti detail harga.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh surat penawaran harga, berikut ini contoh surat penawaran harga.

TEKNIKA INDO
 Design, Maintenance & Service
 Electrical, Mechanical, Air Conditioner
Jl. Jendra Sudirman No. 11 Surabaya (031) xxxx xxxx
_______________________________________________

Surabaya, 20 Juli 2013
Perihal    : Penawaran Harga Sevice AC
Lam       : 2 (dua) lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Manajer
di - Tempat

Bersama ini kami yang bergerak di bidang Electrical, Mecanical & Air Conditioner, Bermaksud untuk menawarkan kerja sama perawatan serta perbaikan, terutama untuk unit Air Conditioner ( AC ) di tempat Bapak/Ibu

Adapun rincian harga yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :

PENAWARAN JASA

SERVICE CUCI AC
-  Split / Window ½ PK– 1 PK                  = Rp,    30,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK           = Rp     40,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 5 PK                          = Rp,    70,000, -/Unit
-  Cassettee diatas 5 PK                             = Rp,  100,000, -/Unit
-  Split Duct 2 PK – 5 PK                          = Rp,  170,000. -/Unit
-  Split Duct 6 PK – 10 PK                        = Rp,  180,000, -/Unit

SERVICE BESAR AC
-  Split / Window ½ PK – 1 PK                 = Rp,     75,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK           = Rp      90,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 5 PK                          = Rp,   250,000, -/Unit
-  Cassettee diatas 5 PK                             = Rp,   300,000, -/Unit
-  Split Duct 2 PK – 5 PK                          = Rp,   350,000. -/Unit
-  Split Duct 6 PK – 10 PK                        = Rp,   550,000, -/Unit

PENAMBAHAN FREON AC
-  Split / Window ½ PK – 1PK                  = Rp,     95,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK           = Rp    150,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 3 PK                          = Rp,   250,000, -/Unit
-  Cassettee 4 PK – 5 PK                          = Rp,   350,000, -/Unit
-  Cassettee 6 PK – 8 PK                          = Rp,   400,000, -/Unit
-  Cassettee Diatas 10 PK                          = Rp,   600,000, -/Unit

PENGISIAN FREON AC FULL
-  Split / Window ½ PK – 1 PK                 = Rp,    150,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK           = Rp     200,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 3  PK                         = Rp,    350,000, -/Unit
-  Cassettee 4 PK – 5  PK                         = Rp,    350,000, -/Unit
-  Cassettee 6 PK – 8  PK                         = Rp,    500,000, -/Unit
-  Cassettee Diatas 10 PK                          = Rp,    600,000, -/Unit

BONGKAR PASANG AC
-  Split / Window ½ PK – 1 PK                 = Rp,    250,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK           = Rp     350,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 3  PK                         = Rp,    650,000, -/Unit
-  Cassettee 4 PK – 5  PK                         = Rp,    750,000, -/Unit
-  Cassettee 6 PK – 8  PK                         = Rp,    900,000, -/Unit

BIAYA INSTALASI AC
-  Split / Window ½ PK – 1 PK                 = Rp,    200,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK           = Rp     250,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 3  PK                         = Rp,    400,000, -/Unit
-  Cassettee 4 PK – 5  PK                         = Rp,    500,000, -/Unit
-  Cassettee 6 PK – 8  PK                         = Rp,    650,000, -/Unit

TEKNIKA INDO

Design, Maintenance & Service
Electrical, Mechanical, Air Conditioner
Jl. Jendral Sudirman No. 12 Surabaya (031) xxxx xxxx


BIAYA REPERASI AC
-  Split / Window ½ PK – 1 PK       = Rp,      70,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK = Rp       90,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )
-  Cassettee 2 PK – 3  PK               = Rp,    135,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )
-  Cassettee 4 PK – 5  PK               = Rp,    150,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )
-  Cassettee 5 PK  Keatas               = Rp,    165,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )
-  Split Duct 2 PK – 5 PK               = Rp,    250,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )
-  Split Duct 6 PK – 10 PK             = Rp,    350,000, -/Unit ( Tidak termasuk spare part )

BIAYA PENGECEKAN AC
-  Split / Window ½ PK – 1 PK                  = Rp,      30,000, -/Unit
-  Split / Window  1,5 PK – 2,5 PK            = Rp       45,000, -/Unit
-  Cassettee 2 PK – 3  PK                          = Rp,      80,000, -/Unit
-  Cassettee 4 PK – 5  PK                          = Rp,      90,000, -/Unit
-  Cassettee 5 PK  Keatas                          = Rp,    100,000, -/Unit
-  Split Duct 2 PK – 10 PK                        = Rp,    150,000, -/Unit

Harga tersebut diatas Tidak termasuk apabila ada penambahan ( untuk pemasangan unit AC )
:: Pipa (Untuk AC split ½ - 1 PK)                         = Rp,    40,000,-/ mtr
:: Pipa ( untuk AC Split 1,5 – 2 PK)                      = Rp,    50,000,-/ mtr
:: Pipa (untuk AC split 2,5 PK)                              = Rp,    85,000,-/ mtr
:: Pipa (untuk AC Cassettee 3 PK)                        = Rp,  100,000,-/ mtr
:: Pipa (untuk AC Cassettee 4 PK dan 5 PK)        = Rp,  125,000,-/ mtr
:: Kabel NYM 3 x 2,5                                           = Rp,    11,000,-/ mtr
:: Pipa untuk drain + lem + keni                              = Rp,    10,000,-/ mtr
:: Bobokan & perapihan                                         = Rp,    25,000,-/ mtr

CATATAN :
- Harga tarsebut diatas tidak terikat dapat berubah sewaktu-waktu,
- Harga tersebut diatas akan mendapatkan  Discount Khusus  jika dilakukan perjanjian kontrak maintenance
   ( untuk service )

GARANSI : Jasa service
- Pasang :                                3 Bulan
- Jasa service :                        3 Bulan

Demikian surat penawaran harga ini kami ajukan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu .
Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengubungi kami melalui saluran telepon. Atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat kami,

Tanda tangan

Toha Soedibdjo

Demikian contoh surat penawaran harga yang diharapkan berguna bagi Anda. Silakan dilakukan pengubahsuaian berdasarkan kebutuhan Anda.

Minggu, 05 April 2015

Contoh Surat Penawaran Produk

Contoh surat penawaran yang sempat saya bahas sebelumnya adalah contoh surat penawaran harga, dan kali ini saya akan berbagi dengan Anda contoh surat penawaran produk. Contoh surat penawaran produk dibawah ini diharapkan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Dalam membuat surat penawaran produk hendaknya Anda memberikan penekenan pada benefit atau manfaat dari produk yang Anda tawarkan, karena itu adalah salah satu kriteria atau ciri mendasar dari surat penawaran produk itu sendiri.

Berikut contoh surat penawaran produk yang mungkin sedang Anda butuhkan.

PT. CANTIKA KRATAN
BEAUTY & WHITE SKIN SOLUTION
Jl. Pratama Indah No. 33 Surabaya (031) xxxx xxxx
____________________________________________

Kepada Yth,
Bapak/Ibu : ..................................
di-Surabaya

Hal      : Penawaran Produk
Lamp. : -

Dengan ini kami dari PT. CANTIKA KRATAN bermaskud untuk menawarkan produk kecantikan dari perusahaan kami kepada : ................................. dengan detail sebagaimana yang kami jelaskan dibawah ini :

Krim Pemutih Kulit     : 1 pc (500 gr) = Rp 20.000.00,-
Bedak Pemutih Wajah : 1 pc (400 gr) = Rp 25.000.00,-

Jika Bapak/Ibu berminat, kami dapat memberikan penjelasan lebih lanjut terkait produk yang kami tawarkan. Silakan menghubungi kami via telepon atau datang langsung ke kantor kami.

Demikian surat penawaran harga ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terimakasih. 

Surabaya, 12 Maret 2014
Hormat kami,
PT. CANTIKA KRATAN



Tina Andriana
Marketing Manager

Demikian contoh surat penawran produk, semoga contoh surat diatas berguna dan bisa memberikan sebuah referensi bagi Anda yang memang sedang membutuhkannya. Jika Anda membutuhkan contoh surat lainnya, silakan browse pada ketegori surat terkait.

Sabtu, 04 April 2015

Contoh Naskah Drama Persahabatan

Naskah drama persahabatan akan saya share dengan Anda pada kesempatan posting artikel pendidikan kali ini. Pada artikel sebelumnya saya sudah berbagi contoh naskah drama lainnya, yaitu naskah drama 4 orang pemain, naskah drama pendek, dan naskah drama pendidikan.

Naskah drama persahabatan adalah salah satu tema drama yang sangat sering dimainkan, baik dikalangan lembaga pendidikan, maupun untuk kalangan diluar lembaga pendidikan. Dan bagi Anda yang sedang mencari contoh naskah drama tema persahabatan berikut ini contohnya.

Contoh Naskah Drama Tema Persahabatan

Tema : Persahabatan
Jenis : Drama singkat

Persahabatan

Meliana menghampiri Yudi dan Alan yang sedang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing di sebuah pertamanan.

Meliana   : “Hey” (sambil memegang bahu Alan dan Yudi)
Yudi : (mengalihkan pandangan dari sebuah buku) “Dari mana saja kamuu, Mel?”
Meliana   : “Nih, tadi abis dari sekolah.”
Yudi : “Memangnya ada apa?”
Meliana   : “Eskul”
Yudi : “lho.. kok pulangnya cepet?”
Meliana   : “tidak tau nih, pembinanya lagi ada masalah.”
Yudi : “Oh” (sambil mengalihkan pandangan ke arah Alan)
Meliana   : (mengerutkan kening seraya mengalihkan pandangan ke Alan) “Hey, Di!”
Alan    : (Terkejut dan membidik satu pandangan) “Mengapa?”
Meliana   : “lagi dengar lagu apa kamu, Di? serius amat!”
Alan    : “Hehe, nih lagi dengerin lagunya Ayu Ting-Ting. Alamat Palsu…”
Meliana   : “waduh… demam Ayu Ting-Ting dia.” (tertawa)
Alan    : “Oh ya, Yesasama Zalih kemana ya?”
Meliana   : “lagi eskul mereka mah.”
Yudi : “sob, udah masuk waktu Ashar, mendingan pulang aja yuk.”
Alan    : “yuk, mari…”

Saat jam pelajaran kosong, Zalih keheranan Melianahat Alan tidak seperti biasanya.
Zalih   : “mengapa kamu, Di? Kamu punya problem?”
Alan    : “Tidak, Zal.” (menundukan wajah)
Zalih   : “Sudahlah, Di. Jangan akting melulu, jujur kamu punya masalah atau tidak?”
Alan    : (menarik tangan Zalih dan bergegas menuju sebatang pohon)
Zalih   : “mengapa kamu ajak saya kesini, Di?”
Alan    : “Tapi kamu janji, saya kan sahabatmu! jangan memberitidakan hal ini kepada siapapun, terutama Yudi, Meliana, Yesi.”
Zalih   : “ya, saya janji!” (Melianangkarkan kelingkingnya pada kelingking Alan)
Alan    : “Saya mengidap Leukimia sayat, Zal.”
Zalih   : “Serius kamu, Di?”
Alan    : “Tidak akan ada gunanya, Zal saya berbohong dalam suasana seperti ini.”
Zalih   : (diam tanpa kata)
Alan    : “Zal, saya harap tidak kan ada kesedihan di dirimu. Biarkan ini saya saja yang hadapi dan jalani.”
Zalih   : “tapi, Di…”
Alan    : “Sudahlah, Zal. Jangan terlalu diperpanjang masalah ini adalah bagianku.”

Saat di sekolah Yudi dan Yesamengkhawatirkan keadaan Alan.
Yudi : “Yes, kamu tahu dimana Alan?”
Yesa   : “Saya fikir kamu tahu keberadaan dia.”
Yudi : “Aduh, kemana ya dia? Tidak biasanya dia belum dateng jam segini, bentar lagi bel bunyi lagi.” (wajah khawatir sambil mondar mandir)
Yesa   : “Tidak tahu lah.”

Meliana menghampiri Yudi dan Yesadengan wajah muram dan terburu-buru
Meliana   : “kalian ikut saya!”
Yesa   : “memangnya mau kemana, Mel?” (mengerutkan kening)
Meliana   : “Saya juga kurang tahu”
Yudi : “Lho kok bisa? Kamu kan yang ajak, napa kamu sendiri yang tidak tahu tujuannya?” (wajah bingung)
Meliana   : “tadi saya disuruh Zalih jemput kalian, saya nanya aja dicuekin dia, sudahlah jangan banyak tanya.”
Yudi : “baiklah…”

Sesampainya di tujuan
Yudi : “Untuk apa kamu bawa kami ke rumah sakit, Mel?”
Meliana   : “nanti kalian bakalan tahu sendiri”
Yudi : (mengerutkan kening0
Yesa   : “Zalih???” (memanggil Zalih yang sedang duduk gelisah dengan kebingungan)
Zalih   : (menatap sejenak tanpa senyum dan sedikit katapun, yang terlihat di wajahnya hanyalah risau)
Yesa   : “kamu gelisah? Mengapa, Zal?”
Zalih   : (menarik nafas dan berdiri dari tempat duduk). “Ikut saya!”
Meliana   : “kemana lagi memangnya, Zal?”
Zalih   : (diam tanpa jawaban dan melangkah menuju pintu keluar rumah sakit)
Meliana, Yudi, dan Yesa      : (saling berpandangan bingung)

Sesampainya di tempat tujuan
Yudi : “Zal, mengapa rumah Alan begitu ramai?”
Zalih   : (Berlari menuju rumah Alan)
Yudi : “Siapa yang meninggal, Zal?”
Zalih   : “sahabat kita.” (menundukkan wajah)
Yudi : “Tidak mungkin, Zal. Alan itu orang yang ceria saya fikir dia tidak memiliki penyakit kronis!”
Zalih   : (mengajak duduk untuk menenangkan pikiran sejenak)
Meliana   : “Yud, kita tidak kan tahu kapan ajal menjemput, walaupun sesorang itu tidak memiliki penyakit kronis sekalipun, apabila ilahi telah memanggil terjadilah itu, kita tidak bisa berbuat apa-apa, sebab keputusan-Nya adalah mutlak dan tidak akan bisa di ganggu gugat!”
Zalih   : “kamu benar, Mel. Tapi Alan pernah cerita bahwa dia mengidap penyakit leukimia sayat.”
Meliana   : “apa? Leukimia?”
Zalih   : “benar, Mel.”
Yudi : “terus, mengapa kamu tidak beritahukan kamu tentang hal itu?”
Zalih   : “sorry, kawan.”
Yuhda : “sorry apanya? Coba kalau kamu kasih tahu dari dulu, mungkin kita bisa ngobatin dia sama-sama!” (nada emosi)
Zalih   : “ma’af, kawan! Bukannya saya tidak mau kasih tahu kalian tentang ini, tapi Alan yang melarang saya tuk sebarkan hal ini kepada kalian.”
Yudi : “tapi mengapa kamu turuti perintah dia. Kan ini demi kebaikan dia dan kita semua!”
Zalih   : “Yud, saya cuman menjalankan janjiku.” (wajah emosi)
Meliana   : “Sudahlah, sob. Jangan terlalu dipermasalahkan. Yang lalu biarkan berlalu. Masih ada yang harus kita hadapi selanjutnya.”
Yudi : “Ya, kamu Cuma bisa bilang kaya gitu, Mel. Tapi kamu tidak tahu rasa pedih dan rasa sakit ditinggal seorang sahabat sejati.”
Meliana   : “Saya tahu, Yud! Tahu! Saya juga pernah ditinggal selamanya dari orang yang saya sayangi, tapi seseorang meyakinkan saya untuk tetap bersemangat dan jangan larut dalam sebuah kesediahan. Dia bilang manusia pergi selamanya bukanlah kemauan dia sendiri, tapi memenuhi panggilan yang maha kuasa”
Yesa   : “siapa yang bilang kaya gitu, Mel?”
Meliana   : “dialah… Alan.” (dengan senyum tenang)
Yesa   : “kamu benar?”
Meliana   : “ya, saya tidak bohong sedikitpun. Jadi pesan Alan dulu kepadsaya adalah pesan untuk kita semua.”
Yudi : “berarti Alan hidup untuk menghidupkan.”
Meliana   : “ya, begitulah, Yud.”(senyum semangat)

Demikian contoh naskah drama dengan tema persahabatan. Semoga contoh naskah drama ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Beberapa contoh naskah drama lainnya dapat Anda temukan pada label Naskah Drama.

Rabu, 11 Maret 2015

Contoh Surat Permohonan Kenaikan Gaji Yang Bagus

Kenaikan gaji dari perusahaan tempat Anda sedang berkarir dapat Anda ajukan melalui berntuk tertulis atau surat apabila Anda merasa gaji yang Anda terima masih belum sesuai dengan kontribusi terhadap perusahaan yang Anda berikan.

Surat permohonan kenaikan gaji sah-sah saja untuk Anda buat dengan catatan surat tersebut harus ditulis secara jelas, sopan, dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh surat kenaikan gaji, berikut ini contohnya.

Kepada Yth,
Manager PT. SANURI INDAH
Jalan Papandamai No. 11 Surabaya - Jatim
Telp : ................... Fax : ...................

Hal : Permohonan Kenaikan Gaji

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Nelly Hisania
Jabatan : Akuntan
Tanggal bergabung : 14 April 2002

Dengan ini bermaksud untuk memohon kenaikan gaji sebesar 10 % dari gaji yang saya terima sebelumnya.

Permohonan ini saya buat setelah melakukan berbagi macam pertimbangan berdasarkan masa abdi saya di PT. SANURI INDAH serta atas sejumlah pertimbangan lainnya.

Saya harap Bapak berkenan untuk mengabulkan permintaan kenaikan gaji yang saya sampaikan mengingat saya belum pernah menerima kenaikan gaji setelah sekian tahun memberikan kontribusi kepada perusahaan.

Demikian surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan kebersediaannya saya sampaikan terimakasih.

Surabaya, 12 Juli 2012
Hormat saya,



Nelly Hisania
Karyawan